A walk with my camera in Like Earth

Di suatu weekend , saya mencoba untuk jalan-jalan sambil kuliner di kota sukabumi dng berjalan kaki sambil mengitari kota. Saya memulai dengan berjalan ke arah Radio Nbs dari rumah saya yg terletak di kebonjati, di samping radio Nbs ada gang, nah disitulah saya pertama kali muncul dan melihat ada janur kuning yg melengkung, waaawwww 😀

20140406-125926.jpg

Saya memperhatikan nama pengantin tertera dan tertiup oleh angin, cuaca saat itu sangat cerah dan lumayan panas juga. Saya pun melanjutkan perjalanan ini ke arah jalan RE. martadinata dengan mengandeng kamera saya, selang beberapa saat saya menemukan nenek” yg berjualan aksesoris di depan Bank BTPN , ia tampak terdiam di terik matahari siang itu

20140406-130524.jpg
Saya pun mengabadikan moment tersebut karena cocok untuk humant interest, tetapi sesaat nenek itu menoleh ke saya dan langsung memarahi saya dengan bahasa sunda (Rek nanaonan nini peot di potoan , eweuh gawe pisan nya jelema teh) , saya sempat kaget tetapi saya cuma balas dengan senyuman sambil berjalan dan meninggalkan nenek itu, hhee kaget juga sebenernya saya, saya pin meneruskan pe jalan cikirai, jalan ini perboden, dan menyimpan banyak hal disaat saya SD dulu .

20140406-130936.jpg
Nah di jalan cikirai ini ada gang di samping MW dan sangat sepi sekali, mitosnya saat saya SD disini ada ular besar yg disebut ular sapi, hhaa karena saya masih kecil jadi percaya-percaya saja, padahal itu hanya mitos belaka, gang ini akan tembus ke arah balai desa ..

20140406-131132.jpg
Nah di ujung jalan cikirai, inilah tujuan saya, ada kuliner mie ayam jamur, mie ayam ini rasanya ajib banget, walaupun yg menjualnya orang chinese tapi halal ko, jadi jangan aneh kalo siang rame banget di tempat mie ayam jamur di jalan Ahmad yani, depan jalan Cikirai ini .

20140406-131541.jpg

20140406-132159.jpg
Mie ayam ini ada pangsit kering dan basah, terus ada basonya juga jadi maknyos banget menurut mimin, jadi buat pecinta kuliner wajib banget dateng kesini hheee, setelah perut kenyang, saya melanjutkan perjalanan ke jalan Ahmad Yani. Dijalan ini berjejer pusat pertokoan di kota sukabumi, jadi ini adalah jalan yg ditujukan untuk berbelanja menurut saya, di tempat ini saya membeli cemilan di holland bakery, yup untuk teman perjalanan sambil street fotografi.

20140406-133817.jpg
setelah membeli perbekalan, maka saya meneruskan perjalanan dan sampailah saya di stopan, hmm menarik juga nih kalo ke pasar dan stasiun kereta, maka saya memutuskan ke arah stasiun kereta dari stopan tadi. Di perjalanan sungguh ironi saya melihat tumpukan sampah berserakan di jalan, yup inilah awal mula kita ke pasar tradisional di kota sukabumi yaitu pasar pelita ..

20140406-134641.jpg

20140406-134703.jpg

20140406-134723.jpg
Di depan stasiun kereta api, tampak berjajar angkot warna biru jurusan pasar pelita-subang jaya , dan di depan pasar ini sangat ramai oleh kendaraan yg bongkar angkut muatan, transaksi jual beli, dagangan pasar dll ..

20140406-134949.jpg

20140406-135008.jpg
Setelah saya berkeliling di pasar pelita, maka saya memutuskan untuk ke Gang lipur, disini tempat jual beli barang loakan/ barang bekas, disini tuh gang nya sempit banget tetapi ramai oleh pedagang babe (barang Bekas), dari service tv, senapan angin, dvd , motor, elektronik, jam dll

20140406-135342.jpg

20140406-135353.jpg
Gang lipur bagi saya sarat akan kenangan, dulu saat saya masih kecil saya suka di bawa oleh ayah saya ke sini untuk benerin Tv, dvd, elektrinik dan senapan angin ayah saya, hhee jdi ini nostalgia banget bagi saya ..

Perjalanan sayapun hampir usai, saya cukup lelah berkeliling di kota sukabumi, tak terasa keringat mulai membasahi baju dan jaket saya, maka saya memutuskan untuk menuju es Gang Nugraha, es campur legendaris yg sudah cukup berumur di sukabumi, seporsinya cuma Rp. 7.000 saja dan kalian akan menikmati apa itu kesegaran, sayapun saking haus dan gerah jadi lupa foto es campurnya hhee maklum udara gerah banget saat itu makanya langsung di libas saja , tapi ada sedikit foto sebelum es campur di hidangkan kpd saya 🙂

20140406-135933.jpg

20140406-135947.jpg

Iklan

Anniversary Fstar creative , pagelaran seni kabaret, dance & drama musikal ..

Di suatu weekend saya dengan kawan-kawan pergi ke Gedung Juang 45 untuk melihat pagelaran seni kabaret, dance dan drama musikal, kebetulan saya ikut menshare acara tersebut di media sosial, dan memang rekan” dari Fstar adalah kawan” saya semasa SMA dulu di smantie. Sesampainya di gerbang Gedung Juang 45, saya melihat anak” SMA di gerbang, hmm pas saya melihat batik smantie yg mereka pakai, aslina jadi merasa muda kembali 😀

20140303-131326.jpg

Ternyata acara ini diramaikan juga oleh adik” dari SMA & SMP di kota sukabumi, dan eskul kabaret dari masing” sekolah berpartisipasi di acara Anniversari Fstar yg ke 2 ini, makanya gak heran banyak banget pelajar yg nntn acara ini, singkat cerita saya nntn yg jam 1 siang .

20140303-131714.jpg

Saat acara dimulai, kita penonton langsung disambut MC fenomenal, hhee yg sudah nntn acara 3030 pasti tau sosok gaib ini, acara menjadi meriah karena si ladi gagal ini bisa membuat suasana jadi heboh dan ramai,

20140303-131958.jpg

20140303-132016.jpg

20140303-132527.jpg
Acara diawali dengan pentas dance dari kawan” Fstar, hhee ini para pemainnya masih pelajar SMA , tetapi gak kalah sama dance nya barudak Si agnes mo.

20140303-132729.jpg

20140303-132748.jpg
Hhee orang ini katanya namanya syadat , anak smanpat, hhee enerjik lah jogetnya full dance sambil ketawa” gitu hheee , koproll mang 😀

20140303-132933.jpg

20140303-132955.jpg
Nah inilah para anggota dance dari Fstar, sukses dengan kreatifitas kalian ya adik” , selanjutnya ada perform dari kawan” kabaret Fstar , hhee mereka memakai drez seperti penjual koran di amerika gitu, ceritanya menarik, tentang buruh koran yg mencoba bangkit dari keterpurukan oleh konspirasi si lili hahaha. Yg nntn pasti tau 🙂

20140303-133318.jpg

20140303-133334.jpg

20140303-133358.jpg

20140303-133413.jpg

20140303-133427.jpg

20140303-133450.jpg
Saking menjiwai peran di kabaret tersebut, cewe imut ini sampe nangis ya hhee lumayan bisa diabadikan momentnya ..

20140303-133602.jpg

20140303-133618.jpg
Nah pose ini yg mimin suka, kenapa ? Karena mereka cicing dengan posisi itu lumayan lama, jadi jongjon ngefotonya hheee aya adegan telenovella esmeralda dan marimar keur zaman mimin ngora iyeu gaya hhaaa 😀

20140303-133757.jpg

20140303-133840.jpg

Dan terakhir ada perform drama musikal dari kawan” Fstar, hhee mereka bernyanyi dengan riang dan menceritakan dengan sebuah lagu, suaranya bagus” loh, kalau aku sih yes, gatau anang sama mba titi hahahah 😀

20140303-134646.jpg

20140303-134708.jpg

20140303-134733.jpg

Jalan-jalan di dermaga pelabuhan ratu ..

Saat long weekend kemarin saya memutuskan untuk merapat ke pelabuhan ratu, tetapi tidak lengkap apabila ke pelabuhan dan tidak membeli makhluk laut disini, maka saya memutuskan untuk ke dermaga terlebih dahulu dan membeli makhluk laut tersebut, dan kebetulan saya membawa kamera saya dan mengabadikan beberapa moment yang ada disini …

20140207-085039.jpg
Setelah melewati portal ini, saya memtuskan untuk melihat kapal-kapal nelayan yg ada disini, tersusun rapi di tepi dermaga plara, kebetulan saya kesini siang jadi para nelayan sudah menepi di dermaga untuk bertransaksi hasil tanggkapan ikannya selama melaut ..

20140207-085322.jpg
Nah setelah melihat-lihat perahu nelayan saya melanjutkan perjalanan ke arah Tempat Pelelangan Ikan, disini biasanya terjadi transaksi antara nelayan dengan tengkulak ikan, disini ramai banget biasanya, tapi saat saya kesini entah mengapa sedikit sepi ..

20140207-085652.jpg
Nah saya pergi ke tempat penjualan ikan di arah kanan dari TPI ini, disini para konsumen atau wisatawan bisa membeli ikan langsung, seperti pasar tradisional, pokonya disini kumplit banget, dari ikan A-Z dan teman” ikan seperti lobster, kepiting, udang , cumi , kerang , spongebob, patrik, mr. Crab dll , hheee 😀

20140207-085934.jpg

20140207-090002.jpg
Seperti inilah suasana pasar ikan di samping dermaga, sedikit sepi menurut saya, entah harga ikan yg sedikit mahal karena faktor cuaca atau emang lagi bulan tua, yg jelas moment seperti ini menjadi baik untuk di abadikan ..

20140207-090157.jpg

20140207-090216.jpg

20140207-090226.jpg
Nah setelah puas membeli ikan untuk oleh” dari plara, sekarang beli ikan untuk disantap langsung di restoran samping dermaga, seperti inilah penampakan restoran tersebut, berada 2 lantai, lantai 1 untuk membeli ikannya, dan lantai 2 untuk makan di restoran tersebut ..

20140207-090626.jpg

20140207-090712.jpg
Yg jelas pemandangan disini lumayan menyegarkan mata, karena anda bisa melihat pemandangan laut, dermaga yg dipenuhi oleh kapal, bahkan jalananan dan pasar ikan tadi dari atas, lumayan menyegarkan mata dengan hidangan seafood yg menggugah selera, selamat makan dan berlibur kawan 🙂

20140207-090946.jpg

20140207-090956.jpg

Caving di Gua Buni ayu, Salah satu gua yg indah di Indonesia ..

Di lain kesempatan saya berencana caving bersama teman” saya, dan pilihan jatuh di Gua buni ayu di daerah nyalindung, sebagain orang” menyebutnya Gua siluman, karena kental dengan mitos” yg beredar di lingkungan masyarakat di daerah itu ..

20140202-145333.jpg

Caving di sini hanya dibuka pada hari sabtu minggu saja, dan dibatasi hanya maksimal 70 orang/hari. Hal ini dikarenakan terbatasnya alat dan batas aman saat caving. Menurut Guide lokal disini, terdapat 83 gua di sini dan hanya 3 gua yg dikorbankan untuk wisata , yaitu gua cipicung gua landak, dan gua angin .

20140202-145814.jpg

20140202-145914.jpg
Wisata ini cocok untuk temen” dan keluarga, aslina memacu adrenalin dan seperti mendatangi ke dunia lain yg sangat berbeda, dimana kita berada di perut bumi 😀

Saat anda datang ke tempat ini kita bisa melihat berbagai fasilitas disini seperti penginapan, outbound, sarana camping dll ..

20140202-150416.jpg

20140202-150445.jpg

20140202-150502.jpg
Dan sampailah saya di gerbang menuju gua, sebelum masuk gua kita akan menuruni tangga yg lumayan curam, tetapi pemandangannya mantap 😀

20140202-150857.jpg

20140202-150929.jpg

20140202-151212.jpg
Di samping tangga ini ada pemandangan yg lumayan melupakan rasa cape menuruni tangga , dan tampak terasa sampailah saya di mulut gua siluman/gua buni ayu ..

20140202-151435.jpg

20140202-151424.jpg
Sebelum masuk ke mulut gua, saya berbincang” lagi dengan guide lokal tsb, beliau menuturkan bahwa gua buni ayu baru buka, karena dua bulan ke belakang ditutup akibat curah hujan yg lumayan tinggi, sehingga akan beresiko saat caving, dan sekarang sudah di buka kembali untuk umum, dan menurut beliau bahwa gua ini di 2 juta tahun yang lalu di tutupi oleh lautan, karenanya kita akan menjumpai fosil” binatang laut di dalam gua buni ayu ini, gimana gak kereeenn banget tuh 😀

20140202-151856.jpg

20140202-151922.jpg

20140202-152035.jpg
Jadi ada 2 minat untuk caving disini, yaitu minat umum dan minat khusus, minat umum kita akan masuk ke gua cipicung, tidak perlu memakai peralatan kesini, karena ada penerangan dan aksesnya relatif mudah , kita nanti akan melihat bekas lokasi syuting si buta dari gua hantu .. Inilah gua cipicung

20140202-152311.jpg
Nah baru ada minat khusus yaitu kita bakal caving selama 4 jam di gua ini, kita memakai peralatan khusus, dan di dampingi guide yg professional dan kita akan menyelusuri gua secara vertikal dan horizontal, dari berjalan, merangkak, menyelusuri sungai di dalam gua, sampai bermandikan lumpur, hhee ini memacu adrenalin kalian buat pecinta caving, bisa memulai caving minat khusus di gua landak ..

20140202-152555.jpg

Nanti saat caving kita bisa melihat batuan stalakmit dan stalaktit yg indah banget, dan kita juga bisa melihat sungai di dalam gua, dan pas selesai caving kita akan bebersih di curug bibijilan, hhee tapi karena akses saat caving ripuh dan beresiko apabila membawa kamera, maka lebih baik anda mencobanya sendiri bersama teman” anda, karena akan lebih menakjubkan apabila anda menikmatinya melalui mata anda sendiri , hheee inilah gua buni ayu dengan keindahan dan pesona alaminya 🙂

20140202-153120.jpg

20140202-153138.jpg

20140202-153211.jpg

Sukabumi Peduli Bencana , event di CFD (Car Freeday)

Hari minggu kemarin di CFD di jalan R Syamsudin, terdapat keramaian dan benar” ramai, maka saya memutuskan untuk ke CFD sambil mengabadikan moment” kemeriahan di CFD tersebut, tetapi setelah sampai ternyata sedang ada event di CFD tersebut, yaitu #Sukabumipedulibencana , jadi para komunitas di kota sukabumi menggalang dana untuk saudara” kita yg terkenah musibah erupsi gunung di sinabung ..

20140128-144721.jpg

20140128-144746.jpg

Jadi ada perform dari komunitas” di sukabumi untuk menggalang dana yg akan disalurkan ke saudara” kita yg terkena musibah, jadi generasi muda sukabumi yg sangat kreatif berinisiatif dalam aksi sosial, gimana gak keren banget coba 😀

20140128-145122.jpg

20140128-145209.jpg

20140128-145237.jpg
Ini adalah aksi kesenian sunda dari dodongkal, mereka generasi muda sukabumi yg ngamumule kesenian sunda, menurut mereka bohong kesenian sunda akan musnah, tetapi kesenian sunda akan tetap ceuyah hheee 😀

Selain itu ada perform dari sukabumi drummer, mereka melakukan perkusi bareng sambil diiringi lagu” dan berkolaborasi dengan komunitas lainnya, aslina keren keren lah ..

20140128-145630.jpg

20140128-145740.jpg

20140128-145803.jpg
Selain itu ada aksi dari kawan F star , yaitu komunitas kabaret dari kota sukabumi, mereka melakukan dance dan flash mob di CFD kemarin, hhee banyak diantaranya anak” SMA dari kota sukabumi yg berpartisipasi ..

20140128-150107.jpg
Dan pak wakil walikota Pak Fahmi turut datang dan berpartisipasi di event #sukabumipedulibencana di CFD kemarin, beliau menuturkan bahwa event ini sangat bagus sekali dan mendukung penuh aksi sosial dari komunitas kota sukabumi ini, semoga event” selanjutnya bisa terus ada di CFD ini , beliau juga sempat menabuh drumm dan berpose sejenak hhee 😀

20140128-150441.jpg

20140128-150449.jpg

Acara itu berlangsung sampai malem, walaupun acara CFD berakhir pukul 10.00 pagi, tetapi mereka tetap menunggu yg mau mendonasikan dananya dan melakukan aksi” di Seecul, seperti puisi dan aksi” lainnya, acara sosial inituh keren banget, semoga generasi muda tetap kreatif dan peduli akan sesama , dan jangan malu untuk bergabung bersama” komunitas di sukabumi, karena ini ajang menyalurkan hobby kalian 🙂

20140128-151037.jpg

Indahnya Pantai citepus, pelabuhan ratu

Dalam suatu weekend saya bersama keluarga memutuskan untuk berwisata dan berkuliner, dan saya berfikir kayanya makan seafood di pinggir pantai cocok nih, dan kami pun berangkat ke salah satu pantai di pelabuhan ratu. Jarak Kota Sukabumi ke Pelabuhan ratu sekitar 60 km, sekitar 2 jam perjalanan, dan jalanan lumayan bagus untuk diakses ..

Sesampainya di plara saya langsung ke resto yg dipinggir dermaga, kita bisa memilih makhluk laut apa yg akan kalian santap, tentunya bumbunya juga bisa kita pilih, hheee ikannya seger-seger ko karena baru tiba dari kapal nelayan loh ..

20140125-161954.jpg

20140125-162017.jpg

Semuanya dijual per/kg , jadi kalian beli ikan dan langsung di masak di resto tersebut, kalian bisa makan langsung di resto tersebut atau di bungkus, nah karena saya ingin makan di tepi pantai maka saya membungkus seafood tersebut ..

20140125-162344.jpg

Setelah selesai membeli seafood saya bergegas bersama keluarga saya ke salah satu pantai di pelabuhan ratu, yaitu pantai citepus, karena disini paling cocok makan seafood sambil menikmati pantai, alasannya karena kita bisa sewa tikar di bawah pohon yg rindang sambil kuliner juga, hheee ide ini dari ibu saya langsung dan benar-benar tepat sasaran 😀

20140125-162647.jpg

20140125-162705.jpg

20140125-162723.jpg
Setelah menentukan posisi untuk makan siang, kami pun makan siang dengan lahapnya, sambil di temani deburan ombak dan angin pantai, cuaca cerah berawan saat itu dan setelah makan seafood tadi, saatnya memburu kelapa muda, jangan takut kehabisan kelapa di pantai karena disini tuh gudangnya kelapa ..

20140125-163201.jpg

20140125-163222.jpg
Entah kenapa pantai itu bisa membuat kita melupakan semuanya, mungkin tempat ini diciptakan agar kita bisa melihat bahwa keindahan itu ada di dekat kita, sungguh mempesona sekali alam di Kabupaten Sukabumi ini, semoga suatu hari nanti, kita bisa kembali ke tempat ini lagi dengan membawa anak cucu kita dan menceritakan keindahan alam yang ada di Kabupaten Sukabumi ini …..

20140125-163650.jpg

20140125-163710.jpg

20140125-163724.jpg
Sedikit tambahan dokumentasi di citepus, saya ke tempat ini lagi saat long weekend kemarin, hhee jadi ini ada sedikit tambahan dokumentasi dari saya 🙂

20140207-091525.jpg

20140207-091542.jpg

20140207-091608.jpg

20140207-091621.jpg
Hhee dan seperti ini apabila saya botram dengan keluarga saya, ayah,ibu dan kakak saya , dan kebetulan saya bawa tripod jadi bisa eksis di foto ini 😀

20140207-091828.jpg

Sekolah ku tercinta sudah berwajah baru .. (SMAN 3 kota Sukabumi)

Teringat sebuah lagu, masa” paling indah, kisah kasih di sekolah , hheee, yup saat itu saya bernostalgia dengan mendatangi smantie, kebetulan ada event Kampus untuk sosialisasi ke mantan sekolah SMA saya, dan ini ajang saya mengenang dan mengabadikannya dengan kamera saya, tetapi saat memasuki gerbang sekolah, ternyata saya sudah terlalu lama meninggalkan sekolah saya sehingga sudah memiliki wajah yang baru …

20140123-200228.jpg

20140123-200258.jpg

20140123-200311.jpg

20140123-200325.jpg

Saya terdiam dan takjub, sekolah saya jadi super kereeeennnn banget, sambil mengabadikan sekolah yg sudah berwajah baru ini, tampak terasa perut saya lapar, dan saya teringat kantin sekolah dan ingin bergegas ke bang samin (tukang baso di smantie) , karena ada rumor juga beliau meninggal, jadi saya semakin penasaran ..

20140123-200606.jpg

Dan hahaha ternyata mang samin sehat wallafiat alias jag-jag waringkas, saya sempat ngobrol” dan beliau menceritakan rumor beliau meninggal karena keisengan babeh yg menjaga gerbang, “dia selalu menceritakan saya meninggal ke tiap angkatan yg datang ke smantie karena saya stroke dan terjatuh saat memancing, dan itu sampai menghebohkan sampai angkatan 2006, malahan ada yg datang ke rumah untuk melayat, padahal mang samin sehat saja , mungkin itu gara” saya berenti jualan saat itu dan jarang ke sekolah, makanya isu itu seperti benar …

20140123-201039.jpg

20140123-201033.jpg

Yah apapun alasannya, mang samin is back, dan saya menikmati baso mang samin seperti flashback ke masa saat saya muda dulu, ini membuat saya sedikit emosi secara perasaan.

Dan smantie tetaplah smantie, walaupun dengan wajah baru, guru baru, kepsek baru, dan bangunan baru, saya selalu bangga menjadi salah satu bagian dari almamater smantie, karena saya pernah bahagia disini dan ini salah satu tempat paling istimewa untuk diri saya di sukabumi 🙂

20140123-201536.jpg

20140123-201559.jpg

20140123-201549.jpg

20140123-201609.jpg